Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pupuk Organik Kelapa Sawit Paling Bagus

Fungsi Pupuk NPK Untuk Tanaman Sawit

PupukSawit - Dalam proses pemupukan kebun kelapa sawit, banyak sekali pupuk yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan tanaman akan unsur hara makro dan mikro. Gunakan pupuk yang direkomendasikan untuk mendapatkan hasil panen yang meningkat.
Kali ini saya akan membahas tentang pupuk NPK. Simak penjalasannya ya..
Jangan lupa untuk berkomentar dibawah jika informasi ini bermanfaat.

Pengertian Pupuk NPK

Sebelum kita membahas tentang Fungsi Pupuk NPK Untuk Tanaman Sawit, ada baiknya kita mengerti dahulu kenapa disebut pupuk NPK.

Pupuk NPK merupakan pupuk tanaman yang mempunyai 3 macam kandungan yaitu N, P dan K.
N adalah Nitrogen, P adalah Fosfor dan K adalah Kalium. Kandungan dalam pupuk NPK biasanya hanya terdiri dari ke tiga unsur hara makro tersebut.
Ada juga produksen pupuk NPK yang menambahkan beberapa unsur hara mikro kedalam produk pupuk NPK ini.

Pengertian Pupuk NPK Sebelum kita membahas tentang Fungsi Pupuk NPK Untuk Tanaman Sawit, ada baiknya kita mengerti dahulu kenapa disebut pupuk NPK. Pupuk NPK merupakan pupuk tanaman yang mempunyai 3 macam kandungan yaitu N, P dan K.  N adalah Nitrogen, P adalah Fosfor dan K adalah Kalium. Kandungan dalam pupuk NPK biasanya hanya terdiri dari ke tiga unsur hara makro tersebut. Ada juga produksen pupuk NPK yang menambahkan beberapa unsur hara mikro kedalam produk pupuk NPK ini. Biasanya produsen akan menambahkan hara mikro seperti  klorida, boron, besi, mangan, kalsium, magnesium, sulfur, tembaga, seng dan masih banyak lagi sesuai dengan kegunaan produk pupuk tersebut. Pupuk NPK juga ada 2 macam yaitu NPK padat dan NPK cair. Banyak sekali merek pupuk NPK dipasaran dan dengan kandungan yang bermacam macam menyesuaikan kegunaan masing masing merk.  Manfaat NPK Untuk Tanaman Secara umum, pupuk NPK  adalah untuk membantu pertumbuhan tanaman. Dengan memakai pupuk NPK sesuai dosis yang diperlukan tanaman, maka akan diperoleh berkembang tanaman yang maksimal. Unsur hara didalam NPK mempunyai perannya masing masing dalam pertumbuhan tanaman dan ketiga unsur hara makro tersebut merupakan unsur hara paling pokok yang wajib dan dibutuhkan oleh tanaman.  Manfaat Unsur N (Nitrogen). Unsur N dalam NPK mempunyai fungsi untuk penyusun asam amino (protein), asam nukleat, nukleotida serta klorofil yang dibutuhkan tanaman. Ini akan berpengaruh pada pertumbuhan yaitu menjadikan tanaman lebih hijau, pertumbuhan tanaman secara keseluruhan menjadi lebih cepat dan meningkatkan kandungan protein pada hasil panen nanti.  Manfaat Unsur P (Phosphor). Unsur hara P fungsinya sebagai penyimpan dan menyalurkan energi untuk semua aktivitas metabolisme pada tanaman. Dampak positifnya adalah memacu pertumbuhan akar, memacu perkembangan jaringan, merangsang pembentukan bunga dan kematangan buah, meningkatkan daya tahan terhadap penyakit.  Manfaat Unsur K (Kalium). Unsur hara K salah satunya adalah sebagai aktivator enzim yang berperan penting dalam proses metabolisme tanaman. Kalium juga bisa membantu proses penyerapan air dan hara dalam tanah. Selain kegunaan diatas, kalium juga berperan cukup penting untuk menyalurkan hasil asimilasi dari daun ke seluruh jaringan tanaman.  Unsur Makro Yang Dibutuhkan Tanaman Kelapa Sawit  Unsur makro adalah unsur dalam pupuk yang dibutuhkan banyak oleh tanaman kelapa sawit yaitu unsur Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca).  Unsur Mikro Yang Dibutuhkan Tanaman Kelapa Sawit  Unsur mikro yang harus terpenuhi untuk budidaya tanaman kelapa sawit adalah Boron (B), Tembaga (Cu), Seng (Zn), Mangan (Mn), Besi (Fe) dan Molibdenum (Mo). Keenam unsur ini sangat dibutuhkan tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit dari pada unsur makro.  Karena kebutuhannya cuma sedikit sehingga unsur unsur ini sering disebut dengan unsur hara mikro.


Biasanya produsen akan menambahkan hara mikro seperti  klorida, boron, besi, mangan, kalsium, magnesium, sulfur, tembaga, seng dan masih banyak lagi sesuai dengan kegunaan produk pupuk tersebut.
Pupuk NPK juga ada 2 macam yaitu NPK padat dan NPK cair.
Banyak sekali merek pupuk NPK dipasaran dan dengan kandungan yang bermacam macam menyesuaikan kegunaan masing masing merk.

Manfaat NPK Untuk Tanaman

Secara umum, pupuk NPK  adalah untuk membantu pertumbuhan tanaman. Dengan memakai pupuk NPK sesuai dosis yang diperlukan tanaman, maka akan diperoleh berkembang tanaman yang maksimal.
Unsur hara didalam NPK mempunyai perannya masing masing dalam pertumbuhan tanaman dan ketiga unsur hara makro tersebut merupakan unsur hara paling pokok yang wajib dan dibutuhkan oleh tanaman.

Manfaat Unsur N (Nitrogen)

Unsur N dalam NPK mempunyai fungsi untuk penyusun asam amino (protein), asam nukleat, nukleotida serta klorofil yang dibutuhkan tanaman. Ini akan berpengaruh pada pertumbuhan yaitu menjadikan tanaman lebih hijau, pertumbuhan tanaman secara keseluruhan menjadi lebih cepat dan meningkatkan kandungan protein pada hasil panen nanti.

Manfaat Unsur P (Phosphor)

Unsur hara P fungsinya sebagai penyimpan dan menyalurkan energi untuk semua aktivitas metabolisme pada tanaman. Dampak positifnya adalah memacu pertumbuhan akar, memacu perkembangan jaringan, merangsang pembentukan bunga dan kematangan buah, meningkatkan daya tahan terhadap penyakit.

Manfaat Unsur K (Kalium)

Unsur hara K salah satunya adalah sebagai aktivator enzim yang berperan penting dalam proses metabolisme tanaman. Kalium juga bisa membantu proses penyerapan air dan hara dalam tanah. Selain kegunaan diatas, kalium juga berperan cukup penting untuk menyalurkan hasil asimilasi dari daun ke seluruh jaringan tanaman.

Unsur Makro Yang Dibutuhkan Tanaman Kelapa Sawit

Unsur makro adalah unsur dalam pupuk yang dibutuhkan banyak oleh tanaman kelapa sawit yaitu unsur Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca).

Unsur Mikro Yang Dibutuhkan Tanaman Kelapa Sawit

Unsur mikro yang harus terpenuhi untuk budidaya tanaman kelapa sawit adalah Boron (B), Tembaga (Cu), Seng (Zn), Mangan (Mn), Besi (Fe) dan Molibdenum (Mo). Keenam unsur ini sangat dibutuhkan tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit dari pada unsur makro.
Karena kebutuhannya cuma sedikit sehingga unsur unsur ini sering disebut dengan unsur hara mikro.

Posting Komentar untuk "Fungsi Pupuk NPK Untuk Tanaman Sawit"