Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pupuk Organik Kelapa Sawit Paling Bagus

Cara Merawat Kelapa Sawit Agar Buahnya Banyak

Apakah rahasianya supaya ketika kita menanam kelapa sawit bisa menghasilkan buah lebih banyak dari pada biasanya? 

Kali ini kita akan membahas Cara Merawat Kelapa Sawit agar berbuah banyak.

Sebenarnya sudah lama saya ingin mambahas tentang materi ini tetapi karena beberapa kesibukan, jadi baru sekarang bisa menuliskannya.

Tujuan Merawat Kelapa Sawit

Tujuan utama menanam kelapa sawit adalah untuk mendapatkan hasil sebanyak banyaknya dari hasil panen kelapa sawit. Semaki banyak hasil panen sawit, maka semakin banyak pula penghasilan yang akan kita dapatkan.

Tetapi pada kenyataanya, tingkat produktifitas sawit di Indonesia tidaklah sesuai dengan keingianan kita. Banyak sekali faktor yang menentukan tinggi rendahnya hasil produksi sawit ini. 

Cara Merawat Kelapa Sawit Agar Buahnya Banyak
Sawit dengan Nasa

Secara teori, apabila pohon sawit dikelola dan dipelihara dengan baik dan benar, maka pohon sawit tersebut akan menghasilkan buah sawit dengan maksimal. Begitupun sebaliknya jika tidak dirawat maka hasil juga tidak akan bisa maksimal. Tanaman akan selalu memberikan apa yang kita berikan.

Untuk seorang yang memang menggantungkan bisnis/pemasukan dari perkebunan kelapa sawit ini, maka harus selalu mempertimbangkan penghasilan dan pengeluaran dari budidaya kelapa sawit ini.

Berapa biaya yang akan digunakan untuk perawatan pohon kelapa sawit dari pengolahan lahan, pemilihan bibit, penenaman sampai nanti panen harus diperhitungkan dengan sangat tepat. Pemakaian anggaran bisa dikatakan tepat jika anggaran itu bisa menghasilkan keuntungan yang banyak sesuai target awal budidaya kalapa sawit.

Faktor Penentu Kenaikan Hasil Panen Kelapa Sawit

Faktor penentu kesuksesan budidaya kelapa sawit sangat banyak sekali. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa faktor yang cukup perperan penting dalam merawat kelapa sawit.

Cara Penanaman Sesuai Kondisi Lahan

Cara penanaman dan perawatan kelapa sawit harus menyesuaikan dengan lingkungan setempat. Cara pengolahan tanah dan perawatan tanaman akan selalu berbeda setiap daerah. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kondisi lahan, iklim, pengairan, dll.

Contoh paling mudah adalah perawatan tanaman yang ditanam di lahan gambut pasti akan membutuhkan unsur hara mikro seperti Cu dan Fe dalam jumlah yang banyak untuk bisa menghasilkan panen yang bagus. Selain itu, kebun kelapa sawit pada lahan gambut juga harus memiliki system drainase yang baik untuk mencukupi kebutuhan air bagi tanaman.

Semua hal diatas akan berbeda penanganannya jikaperkebunan kelapa sawit tersebut berada di lokasi atau lahan mineral normal dan tidak terlalu memerlukan mineral Cu dan Fe yang banyak.

Pengendalian Gulma Secara Intensif

Semua pasti tahu bahwa gulma merupakan tanaman perusak bagi perkebunan kelapa sawit. Keseimbangan unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman akan rusak/hilang diambil oleh tanaman tersebut.

Bagaimana tanaman sawit kita akan berkembang dengan baik jika makanan yang seharusnya dimanfaatkan oleh sawit untuk berkembang dan menghasilkan sawit habis dimakan oleh gulma pengganggu.

Kendalikan gulma sekitar kebun kelapa sawit anda dengan cara cara sesuai kondisi atau kebiasaan setempat. Jika terpaksa menggunakan produk produk kimia untuk membunuh gulma, usahakan menggunakan produk organik yang ramah lingkungan supaya tidak merusak ekosistem tanah.

Pemberantasan Hama Penyakit Sawit

Lakukan pemeliharan tanaman kelapa sawit dan jaga supaya tidak terserang hama penyakit yang menyebabkan tanaman menjadi tidak normal pertumbuhannnya atau bahkan bisa mati.

Penyakit busuk akar merupakan salah satu penyakit tanaman kelapa sawit paling mamatikan. Serangan penyakit busuk akar ini disebabkan oleh jamur ganoderma sp. Lebih baik kita mengenal sejak dini tanda tanda serangan penyakit ini sehingga kita dapat segera melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangannya. Jangan sampai tanaman sudah mau mati tetapi kita baru mengobatinya.

Pemupukan Dengan Teratur dengan Takaran yang Tepat

Pemupukan tanaman sawit harus dilakukan secara teratur dan dengan takaran yang sesuai denganumur tanaman. Selama berjualan pupuk organik khusus untuk sawit dari NASA, saya banyak menemukan kasus yaitu pemupukan yang tidak teratur yang mengakibatkan tanaman juga hasilnya kurang. Keluhan para petani sawit kebanyakan sama yaitu hasil panen yang tidak maksimal dan masalahnya kebanyakan adalah kebun tidak pernah dipupuk.

Mereka beranggapan bahwa sia sia kita melakukan pemupukan ketika harga sawit sedang turun. Sehingga ketika harga sawit naik, tanaman tidak berbuah sesuai dengan keinginan. Inilah kerugian petani sesungguhnya. Tidak bisa merasakan keuntungan ketika harga sawit naik hanya karena terlambat melakukan pemupukan.

Lakukan pemupukan sesuai dengan umur tanaman, kebutuhan tanaman dan lakukan secara teratur sesuai dengan program pemupukan yang telah ditentukan.

Lakukan Pemanenan Secara Baik dan Benar

Lakukan pemanenan sawit dengan baik dan benar. Jika pemanenan tidak bagus bisa berakibat tanaman menjadi stress. Jika ini terjadi, biasanya tanaman akan berhenti berbuah dikarenakan bibit buah tidak keluar.


Posting Komentar untuk "Cara Merawat Kelapa Sawit Agar Buahnya Banyak"