Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pupuk Organik Kelapa Sawit Paling Bagus

Agensia Hayati Glio - Pengendali Ganoderma

PupukSawit - Musuh utama para pemilik kebun sawit yang sangat ditakuti adalah serangan penyakit busuk akar akibat jamur ganoderma. Jika terserang penyakit ini, jika tidak ditangani secara serius bisa berakibat matinya tanaman yang terserang.

Kenapa Harus Agensia Hayati

Serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) merupakan salah satu dari beberapa faktor penentu dalam proses peningkatan hasil produksi pertanian khususnya dalam budidaya perkebunan kelapa sawit.

Untuk pengendalian OPT, kebanyakan para petani masih menggunakan produk kimia. Padahal penggunaan pestisida kimia yang tidak terkontrol dapat berakibat buruk bagi ekosistem tanaman. Pestisida kimia juga bisa menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan manusia.

Memperhatikan pengaruh negatif pestisida yang terjadi, maka haruslah dicari cara-cara pengendalian hama pengganggu yang ramah lingkungan.

Hal ini sangat sesuai dengan konsep PHT atau Pengendalian Hama Terpadu yang sudah dicanangkan pemerintah yaitu:

  • pengendalian hama penyakit tanaman haruslah dilaksanakan dengan tetap mempertahankan kelestarian lingkungan
  • tidak mengganggu ekosistem
  • aman bagi produsen dan konsumen
  • menguntungkan bagi petani.
Salah satu alternatif pengendalian penyakit busuk akar karena jamur ganoderma salah satunya adalah dengan memanfaatkan jamur antagonis patogen yaitu jamur Gliocladium sp. dan Trichoderma sp.

Dan salah satu perusahaan yang bisa menghasilkan produk terbaik yaitu PT. Natural Nusantara. Perusahaan ini telah berhasil membuat sebuah produk revolusioner dan menjadi pioner dalam mengatasi penyakit tanaman yang diakibatkan oleh jamur.

Agensia Hayati Glio - Pengendali Ganoderma

Agensia Hayati Glio

Apakah Agensia Hayati Glio Itu..?

Natural GLIO adalah sebuah produk pengendali hama organik dari PT. NASA, Yogyakarta. Setelah melalui riset yang mendalam dan percobaan demi percobaan yang dilakukan maka dihasilkanlah sebuah produk yang sangat luar biasa manfaatnya. 

Kandungan Glio NASA

Agensia Hayati Glio mengandung dua bahan aktif yaitu Gliocladium sp dan Trichoderma sp. Kedua kandungan ini sangat efektif untuk usaha pengendalian penyakit akibat jamur ganoderma pada tanaman sawit.

Natural GLIO mengandung spora jamur Gliocladium sp. & Tricoderma sp. dalam konsentrasi tinggi yaitu 2,64 × 10¹¹ cfu/g . Sangat efektif untuk mengendalikan Jamur Akar Putih (JAP) pada karet  dan jamur Ganoderma pada sawit.

Produk Agensia Hayati ini telah melewati berbagai macam uji mutu bahan & uji efektivitas penggunaan sehingga sudah mendapat sertifikat resmi dari Komisi Pestisida Nasional Indonesia.

Glio NASA ini di buat dalam bentuk serbuk untuk memudahkan pemakaian dan tahan di simpan dalam waktu 3-5 tanpa berkurang efektifitasnya bila di simpan di tempat dan terlindung cahaya matahari langsung.

Cara Kerja Gliocladium NASA

Natural GLIO berkhasiat dalam mencegah sumber infeksi penyakit dan menghancurkan sumber infeksi tanaman (inokulum), melindungi akar-akar tanaman dan perkecambahan biji dari sumber infeksi dan penyakit.

GLIO Nasa juga bisa mencegah perkembangan sumber infeksi penyakit bagi tanaman serta mencegah penyebaran sumber infeksi penyakit dengan kolonisasi tanah.

Manfaat Natural GLIO Nasa

Manfaat dari Glio NASA ini sangat banyak sekali. Agensia hayati ini bermanfaat sekali untuk melindungi akar-akar tanaman dari serangan jamur dan juga melindungi perkecambahan biji dari berbagai macam sumber infeksi penyakit pada tanaman.

Penggunaan Glio ini sangat aman bagi kelestarian lingkungan, manusia dan juga hewan.
Beberapa manfaat penggunaan Glio NASA antara lain:

  1. Glio dapat menghancurkan inokulum sumber infeksi penyakit tanaman. 
  2. Glio akan mencegah tersebarnya sumber infeksi penyakit. 
  3. Glio mampu melindungi akar tanaman dan juga perkecambahan biji dari sumber infeksi penyakit tanaman. 
  4. Selaras dengan keseimbangan alam, aman terhadap lingkungan, manusia dan hewan.
Manfaat Natural GLIO Nasa

Mekanisme Kerja Agensia Hayati GLIO

  1. Agensia Hayati GLIO mempunyai sifat Hiperparasit terhadap serangan penyakit tanaman (pathogen). Karena sifatnya yang Hiperparasit, maka akan terjadi persaingan tempat hidup dan nutrisi dalam tanah. 
  2. GLIO juga akan mengeluarkan zat antibiotik yaitu Gliovirin dan Viridin. Zat antibiotik ini bermanfaat untuk mematikan pathogen penyebab penyakit pada tanaman. 
  3. GLIO ini akan terus berkembang terus-menerus dan akan mengkolonisasi dan dapat melindungi tanaman sawit dari gangguan pathogen.

Sasaran Penggunaan Agensia Hayati Glio

Tanaman Sasaran

Agensia hayati Glio sangat ampuh ketika diaplikasikan ke tanaman Bawang merah, Bawang daun, Cabai, Tomat, Terong, Kubis, Semangka, Melon, dan lain-lain untuk mengantisipasi serangan jamur jamur pengganggu dari dalam tanah.

Penyakit Sasaran

1. Sasaran utama :

  1. Rebah semai (Phytium sp. Rizoctonia sp.) 
  2. Penyakit Layu (Fusarium sp. Pseudomonas sp.)

2. Sasaran lainnya :

  1. Penyakit Antraknosa (Colletrotichum sp. Gloeosporium sp.) 
  2. Akar Gada/Bengkak (Plasmodiphora sp.)

Catatan :

  1. GLIO terutama bersifat prefentif (pencegahan) 
  2. GLIO terutama mengendalikan penyakit yang berada di tanah

Petunjuk Penggunaan Agensia Hayati GLIO

Berikut ini adalah petunjuk penggunaan produk Agens Hayati Gliocladium untuk berbagai macam tanaman.

1. Penggunaan langsung

Aplikasi  untuk tanaman holtikultura dan pangan yaitu dengan memberika agensia ini dengan dosis  1 – 2 gr tiap tanaman pada lubang yang akan ditanami.

2. Penggunaan bersama pupuk kandang (lebih dianjurkan)

  • 1 bungkus GLIO dicampur pupuk kandang/kompos 25-50 kg , diamkan + 1 minggu dalam kondisi lembab, baru kemudian digunakan sebagai pupuk dasar. 
  • Tanaman terinfeksi penyakit, jika terjadi gejala serangan pathogen, maka 
  • 1 bungkus GLIO dicampur pupuk kandang matang atau kompos 2-3 kg lalu diamkan + 1 minggu baru digunakan, dosis 2-3 sendok makan pada tanaman terserang. 
  • Waktu terbaik pemberian Natural GLIO adalah sore hari

Peringatan Penggunaan

  1. Jangan dicampur dengan pestisida lain. 
  2. Simpan ditempat yang sejuk ( suhu 250 – 300 C ) dan terlindung dari sinar matahari langsung

Dapatkan GLIO WP Pestisida Biologi Pengendali Penyakit Tanaman dari PT Natural Nusantara di Stockist Nasa!

Agensia Hayati Glio - Pengendali Ganoderma

 

Pesan Sekarang