Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pupuk Organik Kelapa Sawit Paling Bagus

Cara Tepat Menghadapi Musim Trek pada Kelapa Sawit

PupukSawit.Web.Id - Mempunyai kebun kelapa sawit memang sangat menguntungkan. Jika tidak menguntungkan, bisa jadi sampai saat ini tidak ada yang bakal melirik perkebunan ini. Sekarang banyak sekali orang yang ingin mempunyai perkebunan sawit walaupun cuma 1-5 hektar.

Dibalik keuntungan yang menggiurkan ini, ternyata banyak pula kendala/masalah yang dialami oleh para petani kecil bahkan sampai skala perusaaan besar. Banyak sekali faktor faktor yang menyebabkan naik turunnya hasil produksi buah sawit ini.

Cara Tepat Menghadapi Musim Trek pada Kelapa Sawit
Sumber Gambar : sawitplus.co
Salah satu penyebab menurunnya hasil kelapa sawit yang banyak dialami para petani kecil bahkan perusahaan besar adalah masalah trek pada kelapa sawit. Masalah inilah yang kerap terjadi pada tanaman budidaya ini. Bahkan bisa dikatakan bahwa semua petani sawit pasti akan mengalami musim trek.

Apa itu trek pada tanaman kelapa sawit?

Trek adalah sebuah musim ketika tanaman kelapa sawit tidak bisa menghasilkan buah sawit seperti biasanya. Hasil panen akan turun drastis dari pada bulan bulan sebelumnya. Hasil brondolan dan buah menurun sangat banyak bahkan untuk keadaan yang parah, tanaman benar benar tidak menghasilkan buah sama sekali. Jika sudah begini maka petani dan pengusaha akan mendapatkan kerugian yang sangat banyak.

Walaupun musim trek ini sering terjadi serta menimpa banyak pemilik kebun tetapi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan berkembangnya inovasi inovasi produk pupuk khusus buah sawit, maka dampak musim trek ini bisa diminimalisir resikonya.

Bagaimana cara pencegahan musim trek pada kelapa sawit?

Berikut ini penjelasan kami.

  1. Pencegahan pertama yang harus segera dilakukan adalah pengelolaan perkebunan. Selalu pastikan bahwa asupan kebutuhan air di sekitar tanaman cukup dan seimbang. Tidak berlebihan atau kekurangan air. Tanaman sawit merupakan tanaman yang memerlukan air yang cukup banyak. 
  2. Memberikan pupuk organik yang terbukti bagus disekitar tanaman agar terjaga kesuburannya. Kondisi tanah yang subur akan berdampak kepada kesuburan tanaman itu sendiri. Mulailah beralih menggunakan pupuk organik untuk kelangsungan hasil produksi jangka panjang. 
  3. Unsur hara makro dan mikro pada tanah juga harus selalu diperhatikan. Tanah merupakan tempat tumbuh dan berkembangnya tanaman itu sendiri. Jika keseimbangan unsur hara makro dan mikro dalam tanah terganggu atau menipis jumlahnya, maka akan menyebabkan tanaman tidak tumbuh subur dan ujung ujungnya akan trek. 
  4. Gunakan pupuk organik yang berkualitas dan sudah teruji. Ibarat makan, selama ini kita hanya berfokus memberikan pupuk makro saja tetapi mengabaikan pemberian pupuk organik sehingga keseimbangan tanah juga tidak bagus untuk perkembangan sawit.

Seperti testimoni berikut ini. Walaupun kondisi tanah kurang bagus tetapi bisa menghasilkan panen kelapa sawit yang bisa maksimal.

Dalam tayangan video diatas bisa kita simpulkan bahwa perawatan tanaman merupakan kunci untuk mendapatkan hasil panen yang bagus. Berikan tanaman anda produk yang bagus dan anda akan mendapatkan hasil yang bagus pula.

Demikian informasi tentang Cara Tepat Menghadapi Musim Trek pada tanaman Kelapa Sawit. Semoga kita tidak akan mengalami masalah ini. Jika pun kita mengalami, maka dengan pencegahan tepat dan sudah kita lakukan semoga bisa meminimalisir dampak trek ini. Untuk itu, lakukan perawatan tanaman yang tepat dan berikan pupuk sawit organik NASA untuk hasil yang baik. Selamat mencoba...

Posting Komentar untuk "Cara Tepat Menghadapi Musim Trek pada Kelapa Sawit"