Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pupuk Organik Kelapa Sawit Paling Bagus

10 Perusahaan Kelapa Sawit Terbesar Di Indonesia

10 Perusahaan Kelapa Sawit Terbesar Di Indonesia
Sumber Gambar : https://www.astra-agro.co.id

Dengan kondisi luas lahan pertanian yang cukup besar, Indonesia menjadi negara penghasil kelapa sawit yang cukup diperhitungkan di dunia. Banyak perusahaan perusahaan besar yang memiliki aset perkebunan sawit yang cukup besar di Indonesia. Bisa dikatakan bahwa Indonesia menjadi markas perusahaan perusahaan tersebut dan mempunyai aset dan pendapatan yang cukup besar dari perkebunan kelapa sawit.

Mayoritas perusahaan besar tersebut mengelola perkebunan dengan luas yang yang rata rata mengelola ratusan ribu hektar lahan sawit diseluruh Indonesia. Lahan tersebut tersebar dari pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi bahkan sampai Papua.

Kali ini kita akan berikan informasi tentang 10 Perusahaan Kelapa Sawit Terbesar Di Indonesia. Perusahaan perusahaan ini sudah berstatus perusahaan terbuka/publik sehingga saham saham mereka sudah diperjualbelikan. 

Berdasarkan laporan Bursa Efek Indonesia/BEI tahun 2019 dengan melihat Annual Report di Tahun yang sama, inilah kesepuluh perusahaan sawit terbesar di Indonesia berdasarkan total pendapatannya.

1. Sinar Mas Agro Resource and Technology

Sinar Mas Agro Resources and Technology(SMART) berdiri tahun 1962 dan berada dibawah naungan Sinar Mas Grup. Sinar Mas berhasil menjadi nomer satu dibidang perkebunan sawit dangan pendapatan 36.19 T dengan laba bersih mencapai 899 M.

Sebuah pendapatan yang sangat fantastis bukan...?

Perusahaan ini mengelola lahan perkebunan sawit seluas 137.372 Hektar. 31.304 Hektar diantaranya adalah lahan plasma yang bekerja sama dengan petani sawit setempat. Hasil perkebunan kelapa sawit perusahaan Sinar Mas ini bahkan sampai di eksport juga ke kawasan Eropa, Amerika dan bahkan sampai Afrika.

2. PT. Astra Argo Lestari

Dengan total pendapatan sebesar 17.452 T dan mengantongi laba bersih perusahaan mencapai 211 miliar rupiah menjadikan PT. Astra Agro Lestari menduduki peringkat kedua terbesar perusahaan sawit di Indonesia.

Pada mulanya perusahaan ini bergerak dalam bisnis Singkong dan karet dan terjun ke perkebunan sawit mulai tahun 1984 dengan pertama kali membuka lahan di Riau.

Total areal lahan perkebunan sawit yang dikelola Astra sekitar 286.877 hektare. Lahan 217.328 hektare adalah kebun inti dan 69.549 lainnya adalah kebun plasma. Seiring berkembanganya perusahaan, sekarang Astra sudah membuka lahan di Kalimantan dan Sulawesi.

3. Salim Ivomas Pratama

Pada tahun 2019, luas lahan kelapa sawit milik Salim Ivomas Pratama ini mencapai 251.112 hektar. Pendapatan perusahaan menyentuh angka 13.650 T. Perusahaan yang didirikan tahun 1992 ini sekarang menjadi salah satu pemain besar dalam industri hulu dan hilir perkebunan kelapa sawit di Indonesia.

Di bisnis hilir, PT. Salim ini mempunyai 26 pabrik pengolahan kelapa sawit di Sumatra & Kalimantan dengan total kapasitas pengolahan sebesar 6,8 juta ton per tahun. Produk pengolahan kelapa sawit yang paling terkenal adalah Brand Bimoli dan Palmia Margarine.

4. Dharma Satya Nusantara

Didirikan pada 29 September 1980 dan mulanya bergerak di usaha di industri perkayuan, perusahaan ini kemudian mulai mengembangkan bisnisnya dengan ekspansi ke bisnis kelapa sawit mulai tahun 1996.

Sampai dengan tahun 2019, perusahaan ini mengelola lahan sawit mencapai 112,450 H. Lahan milik perusahaan sendiri mencapai 84.556 H dan sisanya adalah lahan plasma yang pengelolaannya bekerja sama dengan petani setempat.

5. PP London Sumatra Indonesia

Didirikan pada 1906 oleh perusahaan asal Inggris yang bernama Harrion & Crossfiled, perusahaan ini telah berkembang menjadi pemain besar di dunia perkebunan kelapa sawit.

Sampai dengan tahun 2019, luas area perkebunan kelapa sawit perusahaan ini mencapai 115,665 H. Lahan sawit perusahaan sendiri seluas 95,637 hektare dan sisanya adalah lahan karet (15,945 H) dan kakau (15,945 H). Lahan perkebunan PP London Sumatra Indonesia paling banyak di Pulau Sumatra.

6. Sawit Sumbermas Sarana

Posisi keenam adalah PT. Sawit Sumbermas Sarana yang total pendapatan perusahaan sebesar 3,77 T dengan laba bersih perusahaan sebesar 25 miliar rupiah. Perusahaan ini mengelola lahan sawit inti seluas 93.660 H dan plasma inti dengan luas 22.862 H. Lahan perusahaan ini berpusat di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

7. Sampoerna Agro

Perusahaan milik keluarga Sampoerna Group ini berdiri sejak 1993. Berpusat di Kalimantan. Sampai tahun 2019, Sampoerna Agro memiliki lahan seluas 84.000 H. Pada tahun 2019, Sampoerna Agro mencatatkan hasil produksi sebesar 1,83 juta ton. Volume produksi CPO perusahaan mencapai 385.000 ton.

Eagle High Plantations
8. Eagle High Plantations

PT. Eagle High Plantations Tbk sebelumnya mempunyai nama BW Plantation Tbk. Didirikan pada tanggal 6 November 2000 dan mulai beroperasi secara komersial di Indonesia pada tahun 2004. Total pendapatan perusahaan pada 2019 mencapai 2,51 T dan menempatkan perusahaan ini sebagai perusahaan sawit terbesar ke-delapan di Indonesia.

Perkebunan anak usaha perusahaan ini tersebar di Pulau Kalimantan yang meliputi wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Barat & Kalimantan Tengah.

9. Bakrie Sumatra Plantations

PT. Bakrie Sumatra Palntations menempati urutan ke sembilan dengan total pendapatan perusahaan mencapai 1,89 triliun rupiah.

Perusahaan ini memulai beroperasi dengan pembentukan sebuah perkebunan karet pada tahun 1911 dengan nama NV Hollandsch Amerikaanse Plantage Maatschapij.

Pada tahun 1986, PT Bakrie & Brothers mengakuisisi saham perusahaan ini dan merubah nama menjadi Uniroyal Sumatra Plantations. Kemudian sejak sahamnya terdaftar secara publik maka nama perusahaan diganti menjadi PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk. Tahun 1990, Bakrie Sumatera Plantations memulai ekspansi ke bisnis sawit dengan mendirikan proyek Greenfield.

10. Austindo Nusantara Jaya

Urutan terakhir 10 Perusahaan Kelapa Sawit Terbesar Di Indonesia di jatuh ke PT. Asutindo Nusantara Jaya dengan total pendapatan pada tahun 2019 mencapai 1,82 triliun rupiah.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1993 ini hingga tahun 2019 telah memiliki lahan seluas 153.000 hektare yang tersebar di Kalimantan Barat, Papua, Belitung dan Sumatra Utara.

Demikianlah nama nama perusahaan yang bergerak dibidang perusahaan perkebunan kelapa sawit yang masuk kedalam 10 Perusahaan Kelapa Sawit Terbesar Di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua.


Sumber Referensi : https://www.goodnewsfromindonesia.id

Posting Komentar untuk "10 Perusahaan Kelapa Sawit Terbesar Di Indonesia"