Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pupuk Organik Kelapa Sawit Paling Bagus

Dosis Pemupukan Kelapa Sawit Paling Lengkap

PupukSawit - Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia sehingga kelapa sawit menjadi salah satu komoditas yang sangat diminati khususnya di Sumatera dan Kalimantan.

Produktivitas kelapa sawit hampir sama dengan dengan komoditas-komoditas lainnya yang banyak dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti jenis bibit, jenis tanah, dan unsur hara dalam tanah.
Dan untuk itu para petani harus mengetahui serta menguasai teknis pemupukan karena pengetahuan mengenai pemupukan ini sangat berpengaruh besar untuk meningkatkan ketepatan dalam pengaplikasian pupuk sehingga bisa didapat hasil panen yang memuaskan.

Berikut ini adalah unsur-unsur yang esensial yang harus anda ketahui sebelum melakukan pemupukan kelapa sawit :

 

Dosis Pemupukan Kelapa Sawit Paling Lengkap

Nitrogen

Unsur N (nitrogen)  sangat penting dalam pertumbuhan kelapa sawit dan dibutuhkan dalam jumlah banyak karena unsur nitrogen merupakan unsur hara makro esensial.
Nitrogen berperan untuk merangsang pertumbuhan tanaman secara keseluruhan seperti akar, batang dan daunnya. Dengan pengaplikasian nitrogen yang tepat maka pertumbuhan vegetatif tanaman sawit anda akan menjadi lebih cepat.
Kekurangan unsur nitrogen bisa menghambat pertumbuhan kelapa sawit dan daun berwarna kekuningan.
Sumber unsur N bisa ditemukan di pupuk ZA dan urea.

Phospor

Unsur P (phospor) juga merupakan unsur makro esensial sama seperti Nitrogen diatas dan dibutuhkan dalam jumlah yang banyak juga.
Phospor berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman, mempercepat pembungaan sawit dan sebagai bahan mentah dalam pembentukan protein tertentu yang dibutuhkan sawit
Kekurangan unsur P menyebabkan tanaman tumbuh kerdil dan daun berubah warna menjadi keunguan.
Anda bisa mendapatkan pupuk yang mengandung unsur P dalam pupuk TSP, pupuk SP-18, pupuk SP-36 dan Rock Phosphat.

Kalium

Unsur Kalium berguna untuk pembentukan karbohidrat dan protein pada tanaman.
Pada tanaman kelapa sawit, unsur ini sangat berperan untuk penyusunan minyak serta mempengaruhi ukuran tandan saat panen nanti.
Timbulnya bercak-bercak transparan pada daun tua dan daun rentan mengering merupakan ciri ciri tanaman kekurang Kalium ini.
Sumber kalium adalah pupuk KCl.

Magnesium

Sama seperti Phospor dan Nitrogen diatas tadi, Unsur magnesium atau Mg juga dibutuhkan dalam jumlah banyak.
Unsur Magnesium berperan dalam proses fotosintesis tanaman.
Kekurangan Mg ciri cirinya adalah ujung daun kelapa sawit menjadi kuning saat terpapar sinar matahari, tapi untuk daun yang tidak kena sinar matahari tidak akan menunjukkan gejala ini.
Sumber unsur Mg ada dalam dolomit dan kieserit.

Tembaga

Tembaga (Cu) adalah unsur hara mikro esensial yang berarti unsur ini diperlukan atau harus ada meskipun sedikit kebutuhannya.
Cu berperan dalam pembentukan klorofil dan mempercepat proses fisiologi tanaman.
Tanaman sawit yang mengalami gejala kekurangan unsur Cu akan menunjukkan gejala kekeringan kemudian mati.
Biasanya kelapa sawit yang kekurangan unsur Cu ditanam di lahan gambut.
Sumber unsur Cu adalah CuSO4.

Boron

Unsur Boron dalam pupuk sawit merupakan unsur  mikro jadi hanya diperlukan dalam jumlah sedikit. Peran unsur boron bagi sawit adalah sebagai penyusun pembentukan karbohidrat, protein, gula dan untuk perkembangan ujung dan anak daun.
Gejala kekurangan unsur boron adalah munculnya daun pancing, yaitu daun kecil dan berbentuk seperti sirip ikan.
Sumber unsur boron ini bisa didapatkan dalam Borak.

Zink

Peran unsur zink adalah untuk menunjang pembentukan hormon pertumbuhan dan dalam enzimatis.
Unsur zink juga dibutuhkan dalam jumlah sedikit, namun hati hati, kekurangan unsur ini dapat mematikan jaringan tanaman.
Kekurangan unsur zink paling banyak terjadi pada tanaman perkebunan kelapa sawit yang di tanam di lahan gambut

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pemupukan kelapa sawit harus dilakukan berdasarkan pada masa produktif tanaman yaitu TBM (Tanaman Belum Menghasilkan) dan TM (Tanaman Menghasilkan).

Dosis Pupuk Kelapa Sawit

Dosis pemupukan kelapa sawit lengkap
Diatas adalah dosis pemupukan yang sering dilakukan. Untuk mendapatkan unsur hara mikro yang lengkap kandungannya, anda bisa menggunakan produk pupuk organik dari PT. Natural Nusantara dan dosisnya sudah sekalian saya cantumkan diatas.

Jika anda mempunyai pupuk organik jenis lain yang sesuai dengan keinginan anda, anda bisa menggantinya dengan pupuk tersebut. Untuk pupuk organik tidak mengikat harus dari NASA tetapi sesuai kebutuhan saja.

Untuk anda yang belum tahu bagaimana hasil pemakaian pupuk organik NASA pada lahan gambut dan lahan berpasir, anda bisa saksikan testimoni produk NASA berikut ini.


Posting Komentar untuk "Dosis Pemupukan Kelapa Sawit Paling Lengkap"

Konsultasi, Informasi dan Pemesanan Pupuk Organik Sawit NASA

Berlangganan via Email